Rabu, 20 Mei 2020

Apakah Ini Akan Berlanjut?

Bismillah

     Wah, akhirnya sampai juga di hari ke-20 Bulan Mei 2020. Ini adalah hari terakhir aku menulis dalam tantangan 20 hari menulis yang diadakan Forum Lingkar Pena Surabaya. Awalnya, aku hanya melihat gambar pengumuman dari seorang kakak kelas saat kuliah dulu yang dibagikan lewat sebuah grup whatsapp. Isinya adalah perlombaan menulis dalam blog pribadi 20 hari tanpa berhenti. Peserta langsung akan gugur jika tidak menyetorkan link tulisan sekali saja. Dari 56 orang peserta yang terdaftar, tersisa kami 33 orang yang masih bertahan hingga hari terakhir ini. Tidak ada bayangan sama sekali mau juara atau tidak. Yang harus aku lakukan adalah fokus pada diri sendiri agar tetap bisa menghasilkan satu tulisan setiap hari. Tulisan yang dibuat harus bertema Ramadan atau aktivitas di rumah saja. Tidak cukup satu atau dua paragraf, tulisan yang dibuat harus terdiri dari minimal 500 kata. Ini sangat sulit. Apalagi bagiku yang bukan penulis, tulisanku masih sangat amatir. Memang aku mempunyai blog pribadi sejak tahun 2009. Tetapi tidak aktif mengisi tulisan - tulisan di sana. 
       
Gambar Pengumuman Bersemadi dari FLP Surabaya

       Aku pernah mengikuti tes singkat setelah mendengarkan ceramah dari dr. Aisyah tentang "Apa ya Bakatku." Dari sana, aku mendapati hasil tes kecerdasan intrapersonal di nomor urut pertama, lalu linguistik dan matematika logika di nomor urut kedua. Menurut Beliau, jika seseorang yang memiliki kecerdasan intrapersonal nomor 1 lalu linguistik di urutan kedua, dia cocok menjadi penulis. Wow, apa benar aku bisa menulis? Tantangan dari FLP ini seakan menjadi wadah untuk membuktikan apa benar aku bisa menulis. Pembuktian diri ini menjadi salah satu hal yang membuatku tertarik pada program ini. 

       Setelah berpikir panjang, aku memutuskan untuk mendaftar kepada contact person yang tertera di poster pengumumannya. Ternyata kakak kelas yang sudah lama kukenal yang menjadi narahubungnya. Karena sudah lama kenal, aku menyapa sekaligus menyampaikan kekhawatiranku jika nanti tidak istiqomah menulis selama 20 hari. Beliau membalas, "Hehehe, dicoba dulu." Baiklah aku memantapkan hati dan berazzam mengikuti kegiatan ini. Seiring berjalannya waktu, sungguh sangat terasa menulis itu tidak mudah. Bagaimana merangkai kata demi kata untuk menjadi sebuah kalimat? Lalu bagaimana caranya merangkai kalimat - kalimat ini agar menjadi sebuah paragraf? Bagaimana membuat paragraf yang satu dengan yang lain agar nampak benang merahnya? Terakhir, bagaimana menyelipkan sebuah pesan atau hikmah di dalamnya.

      Di perjalanan menulisku ini, bagiku yang tidak terlalu banyak bicara, rasanya menyenangkan dapat meyampaikan berbagai ide, gagasan atau hanya sekedar menuliskan kembali ingatan masa lalu. Aku menemukan media lain untuk bercerita, mendapatkan aktivitas baru di pagi hari untuk mengisi waktu luang. Selama wfh, yang membuatku tidak dapat bertemu dan berkumpul bersama teman - teman, efeknya adalah kadang rasa jenuh sesekali menghampiri karena lingkungan yang setiap hari itu - itu saja. Dengan menulis, aku bisa mengabadikan memori - memori dalam pikiran yang bisa dibaca lagi ketika sudah mulai lupa. Selesai dari tantangan ini apakah aku akan tetap menulis? Bisa jadi iya, bisa jadi juga tidak. Yang jelas, aku sudah bahagia dapat menyelesaikan tantangan ini. Syukur alhamdulillah jika nanti salah satu tulisanku dapat dibukukan. Aku bisa menunjukkan hasil karyaku pada orang - orang terdekat. Nanti suatu hari, aku bisa bercerita pada anak - anak bahwa tulisanku pernah dicetak dalam sebuah buku. Amin.

#inspirasiramadan
#dirumahaja
#flpsurabaya
#BERSEMADI_HARIKE-20

Surabaya, 20 Mei 2020
-HY-

3 komentar:

  1. Ahhh... terharu. love you dhek Heny. Going forward! Lanjutkan!.. Bagus2 kok tulisannya.. ringan tapi sarat makna.. ih. ngefans deh sama dhek heny sejak dulu. .

    BalasHapus
  2. Waah daku jg ngefans 😁 btw tes singkat nya gimana tu dek?

    BalasHapus
  3. Waah, mbak-mbak berdua yang keren ini bisa aja 🙂

    Makasii yaa mbak Hamim, ternyata gini rasanya karya kita diapresiasi, seneeengg 🥰

    Coba cek link YouTube ini mbak Yusri: https://youtu.be/6ieyvFtID8s
    Jawab beberapa pertanyaan, isi skor 0-4, kasih tau yaa mbak hasilnya gimana.hehe

    BalasHapus