Jumat, 15 Mei 2020

Kepribadian Manusia (Bagian 2)

Bismillah

       Kemarin pagi, saat aku sudah memutuskan untuk menulis tentang kepribadian manusia, ada pesan whatsapp yang masuk. Dari seorang sahabat, yang judulnya adalah "Talent & People Management Using MBTI Instruments." Wah, bisa pas sekali, apa ini yang dinamakan chemistry? Hahaha. Mempelajari tentang sifat dan karakter manusia memang menarik. Ada saja hal - hal unik yang aku dapati darinya. Saat bekerja, aku mengenal tentang tipe kepribadian MBTI (The Myers–Briggs Type Indicator). Menurutku, selain 4 tipe kepribadian yang ditulis kemarin, MBTI ini juga termasuk akurat dalam mengelompokkan karakter manusia. MBTI mengelompokkan manusia menjadi 16 tipe kepribadian dari 4 dimensi. 
1. Bagaimana manusia berenergi? Extrovert vs Introvert (E atau I)
2. Bagaimana manusia mengumpulkan informasi? Sensing vs Intuition (S atau N)
3. Bagaimana manusia mengambil keputusan? Thinking vs Feeling (T atau F)
4. Bagaimana manusia memandang kehidupan? Judging vs Perceiveing (J atau P)
         Dilihat dari energi dan fokus, manusia dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu ekstrovert dan introvert. Ciri - ciri orang ekstrovert adalah mendapatkan energi dengan cara berinteraksi dengan orang lain (mengobrol, telepon, chatting). Mereka memiliki fokus ke dunia luar, orang - orang, dan kegiatan. Berikut kata kunci orang ekstrovert: aktif, dunia luar, ekspresif, sosial, berbicara sambil berpikir. Sedangkan ciri - ciri dari introvert adalah mereka mendapatkan energi dengan cara refleksi diri dan merenung (membaca, menulis, dan melukis). Mereka memiliki fokus ke dalam diri, ide, dan pengalaman. Berikut kata kunci orang introvert: fokus, tenang, dunia batin, terukur, berpikir baru kemudian bicara, penyendiri.

         Dilihat dari cara mengolah informasi, manusia dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sensing dan intuition. Ciri - ciri orang sensing adalah fokus pada realita, fakta yang terverifikasi, dan pengalaman masa lalu. Mereka memiliki fokus pada yang nyata, aktual, spesifik, dan konkrit. Berikut beberapa kata kunci yang menunjukkan seseorang memiliki tipe sensing: fakta, rendah hati, praktis, pengalaman, panca indera, masa lalu dan saat ini . Sedangkan ciri - ciri orang intuition adalah fokus pada kemungkinan - kemungkinan di masa depan, gambaran besar, dan wawasan. Mereka juga memiliki fokus pada pola dan arti, abstrak, dan imajinatif. Berikut kata kunci orang intuition: ide, mimpi, teori, imajinasi, visioner, dan masa depan.

        Dilihat dari cara mengambil keputusan, manusia dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu thinking dan feeling. Ciri -  ciri orang thinking adalah mengambil keputusan secara logis, objektif, dan adil. Mereka akan mundur ke luar agar bisa menilai secara objektif, mengutamakan standar objektif dan kebenaran. Berikut beberapa kata kunci orang dengan tipe thinking: objektif, logis, jujur, kebenaran, kritis, berorientasi pada tugas. Sedangkan ciri -ciri oramg feeling adalah mereka mengambil keputusan berdasarkan prioritas pribadi dan hubungan, masuk ke dalam untuk bisa merasakan empati. Mereka mengutamakan harmoni dan interaksi positif. Berikut beberapa kata kunci orang dengan tipe feeling: nilai, pribadi, bijaksana, cinta, belas kasih, dan berorientasi pada orang.

      Terakhir, dilihat dari orientasi ke dunia luar, manusia dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu judging dan perceiving. Ciri - ciri orang judging adalah mereka ingin serba terorganisasi dan teratur, senang membuat jadwal, rencana, dan daftar pekerjaan. Mereka menghindari sistem kebut semalam. Berikut beberapa kata kunci orang dengan tipe judging: keputusan, terjadwal, rencana, kontrol, dan sekarang. Sedangkan ciri - ciri orang dengan tipe perceiving adalah mereka ingin merasakan dan mengeksplor pengalaman. Fleksibel terhadap informasi dan perubahan, merasa tertantang ketika menghadapi sistem kebut semalam. Berikut beberapa kata kunci orang dengan tipe perceiving: terbuka dengan pilihan, spontan, tidak teratur, fleksibel, dan nanti.

       Dari empat dimensi yang sudah dibahas, sudah tahukah teman - teman termasuk jenis kepribadian mana diri kita masing - masing? Dengan menggabungkan keempat dimensi tersebut, maka 16 tipe kepribadian itu adalah ESTJ, ESTP, ESFJ, ESFP, ENTJ, ENTP, ENFJ, ENFP, ISTJ, ISTP, ISFJ, ISFP, INTJ, INTP, INFJ, dan INFP. Melalui jenis - jenis kepribadian ini dapat dilakukan analisa lebih lanjut mengenai pekerjaan yang cocok, lalu rekan kerja atau pasangan yang dapat melengkapinya. Ini hanya sebagai sarana untuk mengenal diri kita lebih dalam, ambil yang bermanfaat, tinggalkan yang tidak. Semoga dengan lebih mengenal diri sendiri, kita dapat mengoptimalkan semua yang ada untuk dapat berbuat kebaikan lebih banyak lagi. Selamat menjalani hari - hari terakhir di Bulan Ramadan 1441 H.

#inspirasiramadan
#dirumahaja
#flpsurabaya
#BERSEMADI_HARIKE-15

Surabaya, 15 Mei 2020
-HY-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar